Kamis, 16 Februari 2017

[Kecelakaan Kerja] Hendak Menolong Teman, Sugiono Tewas Tertimpa Dumtruk

KOTAWARINGIN TIMUR - Tragis nasib seorang sopir truk bernama Sugiono Pasalnya, saat hendak menolong temannya sesama sopir truk yang mengalami kerusakan di bagian hidrolik, ia malah tewas tertimpa dumtruk tersebut."Ia tewas saat hendak membantu saya memperbaiki hidrolik yang macet, karena saat itu posisi dumptruk sedang berada di atas, korban tertimpa bak itu," ujar Leo, sopir truk yang hidroliknya macet, Minggu (12/2/2017).Musibah tersebut terjadi di Jalan Wengga Metropolitan, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng.  Dimana saat itu Leo yang mengangkut pasir untuk dibawa ke perumahan sedang mengalami kerusakan pada hidrolik truk yang dikendarainya tersebut.                              

         Kemudian datang korban yang saat itu juga membawa pasir, dan berhenti membantu Leo yang saat itu berada di bawah truk. Namun Sugiono yang hendak membantu langsung bertanya dan posisinya di bawah dum truk tersebut.Entah kenapa, pada saat korban melihat dan berniat membantu tersebut, ternyata dumtruk itu langsung ambruk, dan menimpa badan korban. Hal itu pun membuatnya tewas seketika."Sugiono tewas dengan luka dalam yang sangat parah, dan sore kemarin sudah dikuburkan," ujar Paino (43), yang merupakan keluarga korban, di rumahnya.Kecelakaan tersebut saat ini masih ditangani Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kotim, dan sopir dumtruk masih dalam pemeriksaan.
(Sumber sindonews.com)

Dari peristiwa diatas kita dapat menganalisis bahwa pentingnya penggunaan APD dimana pun dan kapan pun. Perlunya juga melakukan pengecekan setiap saat sebelum berkendara merupakan hal yang sangat penting, seperti memeriksa segala bagian kendaraan anda apakah fungsi dari bagian-bagian dari kendaraan anda bekerja secara normal atau tidak. Peristiwa tersebut sudah membuktikan bahwa adanya kelalaian dari pengguna kendaraan yang dapat mengakibatkan celaka bagi orang lain dan kurang pahamnya akan budaya k3 dalam bekerja. 

Untuk itu marilah kita selalu menerapkan budaya k3 agar kita selalu dalam keadaan yang safety dimana pun dan kapan pun. Serta melindungi orang lain akan resiko bahaya yang kita tidak tau kapan mengancam kita atau orang disekitar kita. Salam Safety !!! 

analis:dicky kurniawan
admin:cda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar